Emmy Noether, Seorang Pakar Penting Matematika yang Kuat yang Tidak Pernah Kalian Dengar Sebelumnya

0
108

Oleh Natalie Angelie

Diterjemahkan oleh Ronaa Nisa’us  Sholikhah

(ASEC Member)

(Foto: Wikipedia)

Para ilmuan kebanyakan lebih terkenal tanpa nama. Tetapi sedikit dari mereka dapat bertanding dalam ketekunan dan pada abad, ditemukan matematikawan yang tidak dikenal dan tanpa jasa bernama Amalie Noether.

Albert Einstein dikenal sebagai seorang yang berarti dan matematikawan wanita yang kreatif sepanjang waktu. Seangkan yang sebaya dengannya lebih condong pada sex. Dia menemukan dalil yang menyatukan hukum singkat dari dua konsep dasar fisika: Simetri pada alam dan kekekalan hukum-hukum semesta. Beberapa pertimbangan dalil Noether, seperti yang sekarang disebut yaitu penting seperti pentingnya teori kerelatifan Einsten. Hal itu membentuk banyak dasar penelitian yang maju pada masa sekarang di Fisika. Termasuk pencarian untuk yang mulia Higgs Boson. Sisa diri Noether sama sekali tidak dikenali, tidak hanya untuk rakyat umum, tetapi juga para anggota dari komunitas ilmiah.

Ketika Dave Goldberg, seorang fisikawan di Universitas Drexel yang telah menulis tentang pekerjaan Noether, baru-baru ini berjudulkan “Pemungutan suara Noether” oleh beberapa lusin kolega, murid-murid dan para pengikut aktif, Dia dikagetkan dengan hasilnya. “Mengejutkan sekali, beberapa dari mereka bisa mengatakan siapa dia atau kenapa dia sangat penting, Dia mengatakan demikian. “Beberapa lainnya mengetahui namanya tetapi tidak menyebutkan apa yang pernah ia lakukan, dan mayoritas tidak pernah mendengar dan mengetahui siapa dia.”

Noether (dibaca Ner-Ter) lahir di Erlangen, Jerman, 130 tahun yang lalu pada bulan ini. Jadi, ini waktu yang cocok untuk membalas jasa yang bertahun-tahun diabaikan sekaligus merayakan hidup dan kerjanya sebgai teoritikus yang cerdas yang mempunyai rasa cinta yang tak tergoyahkan dan secara tidak rasional ia tetap tegar pada selera humornya untuk mengatasi kerasnya rintangan. Yang pertama, menjadi wanita di Jerman waktu itu, banyak Universitas di Jerman tidak menerima murid wanita atau menggaji para professor wanita. Dan menjadi seorang Yahudi yang cinta damai harus hidup ditengah-tengah berkembangnya kekuatan para nazi.

Disamping ini semua, Noether adalah seorang metematikawan yang mengarang sangat banyak karya. Menerbitkan artikel-artikel pada galian pertama, terkadang atas nama orang lain, dilingkup abstrak aljabar dan teori cincin yang keropos. Dan ketika dia mengaplikasikan persamaan pada alam sekitarnya, dia menemukan beberapa langkah dasar, seperti bagaimana waktu dan tenaga terkait dan mengapa harus ini, seperti Fisikawan Institusi garis lingkar Lee Smolin menempatkannya, “Ayuhan sepeda yang aman.”

Ransom Stephens, seorang fisikawan dan penulis novel yang perkuliahannya lebih luas pada kajian Noether, dia mengatakan, “kamu bisa membuat contoh yang kuat bahwa dalilnya, itu tulang punggung dari semua ilmu modern yang dibangun.”

Noether datang dari keluarga matematikawan. Ayahnya adalah seorang professor matematika terhormat di Universitas Heideiberg dan Erlangen, dan kakak laki-lakinya Fritz  memenangnkan kamasyhurannya sebagai pengaplikasi matematika. Emmy, seperti yang sudah kita ketahui hidupnya, memulai belajar bahasa inggris, pranas dan piano sesuatu yang lebih diterima kalangan wanita secara sosial. Tetapi ketertarikannya langsung pada Matematika, terhalang menjadi mahasiswa formal di Universitas Erlangen, secara sederhana Emmy mendengar semua mata kuliah dan berakhir dengan baik pada ujian terakhir yang mana dia diterima di jenjang sarjana strata 1.

Dia pergi untuk menamatkan sekolah di Universitas Gottingen sebelum kembali ke Universitas Erlangen, dimana dia berjuang untuk mendapatkan gelar doktor summa cumlaudnya. Dia bertemu banyak bimbingan matematika, termasuk David Hilbert dan Felix Klein, yang telah memberlakukan botol sebagaiman August Ferdinand Mobius telah melakukan untuk landasan. Kecerdasan Noether sangat jelas bagi orang-orang yang bekerja dengannya dan penasehat-penasehatnya seringkali mengambil penyebabnya, mencari-cari untuk menemukannya pada posisi pengajaran yang lebih baik. 

“Saya tidak melihat bahwa penyalonan sex adalah alasan yang berlawanan dengannya.” Hilbert mengatakan dengan marah kepada tata uasaha di Gottingen dimana dia mencari untuk menunjukkan Noether bergabung dengan professor. “Setelah itu semua, kita sebagai orang kampus bukan orang kamar mandi rumahan.” Hilbert kalah dalam situasi tersebut sebgai gantinya dan menjadikannya kurang lebih sebgai “Dosen Tamu”, dan Noether, sewajarnya cukup, nanti dia mengambil berenang di kolam khusus laki-laki.

Galian pertama dalil Emmy Noether manyatukan 2 dasar fisika: simetri alam dan perlindungan hukum-hukum alam semesta.

SPL/ Penelitian pada foto-foto

Di Gottingen, dia mengejar keinginannya untuk mempelajari perbedaan dalam matematika, kepentingan belajar dapat dimanipulasi oleh beberapa cara dan masih tetap berlanjut. Hubungan antara bintang dan planetnya, seperti bentuk dan lintasa orbit planet bisa berubah, tetapi daya tarik gravitasi menggabungkan satu dengan lainnya yang sama dan ada perbedaannya.

Pada tahun 1915 Einstein menerbitkan teori relativitas umumnya. Fakultas matematika Gottingen merasa sangat puas dengan ini pada kata-kata dari salah satu peneliti, dan Noether memulai untuk menggunakan pekerjaan yang berbeda pada beberapa teori yang complex. Pelatihan itu kemungkinan menginspirasi dia untuk memformulasikan apa yang sekarang disebut dengan dalil Noether, tanda yang kuat antara geometri alam semesta yang pokok dan lingkungan masa dan energi yang menyebutnya sebagai rumah alam semesta.

Apa yang dalil para revolusioner katakan, pada intisari dari gambar lucu, adalah yang mengikuti: dimana saja kamu menemukan jenis simetri pada alam, beberapa kemungkinan atau kebersamaan bagian. Kamu akan menemukan persembunyian pada latar belakang hubungan daya gerak perlindungan alam semesta, setruman listrik, energi atau sejenisnya. Jika roda sepeda adalah lingkaran simetri dan jika kamu bisa memutar itu pada sumbunya dan itu masih terlihat sama pada semua arah, baiklah sekarang, terjemahan simetri harus menghasilkan prinsip-prinsip dan kalkulasi mewujudkan dalil Noether, kamu akan melihat bahwa itu adalah daya gerak yang kaku, gerak hati para ahli newton itu menjaga para pengendara sepeda tegak lurus dan berjalan.

Beberapa hubungan untuk meluncurka sebuah dalil adalah pemulaian, salah satu yang paling besar pada pengait waktu dan energi. Dalil Noether menunjukkan bahwa waktu simetri seperti fakta bahwa meskipun kamu membuang bola di udara besok atau membuat lemparan yang sama minggu depan tidak akan ada efek pada lintasa bola- hal itu langsung terhubung pada energi perlindungan alam, kotbah rumahan kita bahwa energi tidak bisa diciptakan atau dihancurkan tetapi hanya mengubah formula saja.

Koneksi yang tertempa pada Noether adalah “kriktik” utnuk fisika modern, Lisa Randaal mengataka demikian, seorang professor partikel teori fisika dan kosmologi di Harvard. “ Energi, daya gerak dan kuantitas lainnya kita ambil sebagai garansi keuntungan makna dan meskipun nilai besar ketika kita memahami bagaimana kuantitas ini mengikuti dari simetri pada waktu dan ruang.”

Dr. Randall, penulis terbitan terbaru “Mengetuk Pintu Surga,” disebut kembali pada momen di perguruan tinggi ketika dia kebetulan mempelajari bahwa penulis dalil Noether adalah dia. “itu terlihat dan meski menarik dan menginspirasi,” Dr. Randall mengatakan demikian, mengakui. “saya terkejut dengan reaksi saya sendiri.”

Pada bagiannya, Noether meninggalkan sedikit catatan bagaiman dia meninggalkan tentang kesulitan-kesulitan dia menghadapi sebagai seorang perempuan. atau pribadinya dan kehidupan emosinya secara umum. Dia tidak pernah menikah dan jika dia dicinta dan disayang dia tidak menghiraukan mereka. Setelah rapat matematika Czech muda bintang Olga Taussky pada tahun 1930, Nother memberitahu teman-temannya betapa bahagianya dia akhirnya beruntung telah diterima di masyarakat, tetapi dia sendiri memiliki banyak murid laki-laki yang banyak murid akrab yang diketahui sekitar kota sebagai anak laki-laki Noether.

Noether hidup untuk matematika dan tidak peduli pada pekerjaan rumah atau barang miliknya, dan jika rambut kusut panjangnya mulai jatuh dari ikatannya sebagai perkataannya yang menarik tentang matematika, dia membiarkan itu jatuh. Dia sering tertawa dan pada fotonya dia selalu tersenyum.

Ketika sepasang murid memulai untuk tampil didepan kelas memakai kaos coklat Hitler, dia tertawa pada itu juga. Tetapi tidak lama. Noether adalah salah satu ilmuwan Yahudi pertama yang terbakar ditempat tugasnya dan berusaha kabur dari Jerman. Pada tahun 1933, dengan bantuan Einstein, dia diberi pekerjaan di perguruan tinggi Bryn Mawr, dimana dia berkata bahwa dia merasa sangat diapresisasi seperti dia tidak pernah mendapatkannya di Jerman.

 Itu tidak berlangsung lama juga. Hanya bulan setelah dia sampai di Amerika Serikat, diumurnya yang ke 53, Noether melakukan operasi kista dan meninggal dunia kurang lebih beberapa hari kemudian.

Terpopuler pada NYTimes.com

(Artikel ini merupakan bagian dari program ASEC Go Writing. Artikel asli berasal darihttps://mobile.nytimes.com/2012/03/27/science/emmy-noether-the-most-significant-mathematician-youve-never-heard-of.html)

Tertarik bergabung? 🙂

Kirimkan email ke asec.official@gmail.com

Facebook Comments
Share this:

Comments

comments